Menjauhi Kemaksiatan

Ketahuilah bahwa agama itu terbagi menjadi dua bagian

  • Menjauhi maksiat ; segala hal yang Allah larang untuk dikerjakan.
  • Menjalankan ketaatan ; mengerjakan yang Allah perintahkan.

Diantara keduanya, yang berat untuk dilakukan adalah menjauhi kemaksiatan. Meninggalkan segala hal yang dilarang itu lebih berat. Dan menjalankan ketaatan itu bisa diupayakan oleh setiap orang. Sementara meninggalkan syahwat (keinginan yang membuncah yang begitu kuat) tidak dapat dilakukan kecuali orang-orang yang siddiqin (benar imannya, sungguh-sungguh).

Demikian rasulullah bersabda, sesungguhnya orang-orang yang hijrah itu adalah orang-orang yang meninggalkan keburukan. Dan mereka berjuang dan berusaha mengatasi keinginannya.

Ketahuilah (sadari, ilmui), bahwasanya saat anda melakukan kemaksiatan, anda sedang melakukan kemaksiatan menggunakan perangkat yang Allah berikan. Dan itu adalah nikmat yang Allah berikan kepada dirimu yang seharusnya untuk di jaga.

Mempergunakan fasilitas yang Allah berikan untuk mengerjakan kemaksiatan adalah puncak dari kekufuran. Dan penghianatanmu terhadap amanah Allah adalah sesuatu yang keterlaluan (melampaui batas).

Ketahuilah bahwa anggota badan kita adalah rakyat kita (amanah). Maka perhatikan, bagaimana seharusnya memperlakukan anggota badan kita.

Ketahuilah (imani) bahwasanya semua anggota badanmu akan bersaksi atasmu kelak di hari kiamat, dengan lisan yang sangat pasif.

Allah berfirman,

24. pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

Allah berfirman,

65. pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

Jagalah baik-baik anggota badanmu, khususnya  pada 7 bagian. Sesungguhnya, neraka itu ada 7 pintu, yang tiap-tiap pintunya sudah dibagi-bagi dan diberi judul masing-masing sesuai anggota badannya nanti. Anggota badan itu, yaitu; Mata, telinga, lidah, mulut, perut, kemaluan, tangan dan kaki.

Mata

Mata diciptakan untuk melihat sesuatu dikegelapan, membantu dalam melaksakan aktifitas yang akan dikerjakan, memperhatikan keajaiban-keajaiban yang ada di langit dan bumi, dan mentadabburi ayat-ayat Allah.

Maka jagalah dari mata dari 3 perkara:

  • Tidak digunakan untuk melihat yang diharamkan (tidak melihat gambar yang mengundang syahwat)
  • Tidak melihat untuk menilai sesama muslim dengan pandangan hina
  • Tidak digunakan untuk mencari kesalahan orang lain.

Telinga

Jagalah telinga dari mendengar pada perkara bid’ah, ghibah, atau sesuatu yang keji (berkecimpung dalam kebathilan). Telinga ini diciptakan untuk mendengar kalamullah dan sunnah rasulNya, menyimak hikmah para kekasih Allah dan sebagi perangkat untuk mendapatkan ilmu, untuk mencapai kebahagiaan paripurna (berkesinambungan).

Saat telinga digunakan untuk mendengar yang makruh, maka akan menjadi bencana bagimu. Yang seharusnya mendekatkanmu kepada Allah, berakibat  menjauhkanmu dari Allah SWT. Maka telinga yang digunakan tidak sebagaimana mestinya akan menjadi sebab kehancuran dirinya.

Sesungguhnya ini kerugian yang nyata, jangan  kira dosa hanya diperuntukan bagi pembicara (keburukan) saja, sementara yang menyimak itu tidak berdosa. Dalam sebuah hadis, sesungguhnya orang yang mendengarkan orang yang berbicara buruk akan dimasukkan kedalam satu lingkaran yang sama. Dan orang yang mendengar adalah termasuk orang yang menggunjing.

Lisan Lisan diciptakan untuk berzikir kepada Allah, membaca kitab, membantu para murid-murid menuju jalan Allah sekaligus sebagai alat pengungkap apa yang

tersembunyi dalam diri. Ketika anda tidak menggunakan sebagaimana mestinya maka anda termasuk orang yang kufur nikmat dan akan merugikan semua anggota tubuhmu dan oranglain.

Banyak orang yang terporosok masuk ke dalam neraka itu karena hasil dari banyak bicara, maka bersungguh-sungguhlah dalam menjaga lisan, jangan sampai lisan ini menarik kita masuk ke dalam neraka jahannam.

diresume by Muthmainnah sannuga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *